bisnis paling gratis

Friendster Glitter Graphics

Sabtu, 31 Januari 2009

Definisi Komputer

Definisi komputer secara umum adalah seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik yang berguna untuk membantu pekrjaan manusia agar lebih mudah, cepat, dan akurat. Komputer juga sebagai alat informasi dan komunikasi yang mampu mengolah data dan kemudian menyimpannya.
Seiring dengan bertambahnya waktu dan berkembangnya teknologi, semakin banyak pula jenis komputer akan bermunculan. Meskipun ada berbagai jenis alat yang bisa digolongkan kedalam komputer, umumnya, orang mengartikan komputer hanya sebatas Personal Computer ( PC ). Oleh karena itu, penulis hanya akan membahas PC berikut peripheralnya.
Sementara itu, perangkat komputer bisa dibagi menjadi 3 bagian sebagai berikut :
1. Hardware ( perangkat keras )
2. Software ( perangkat lunak )
3. Brainware ( pengguna )
- Operator, yaitu sebagai pengguna komputer saja
- Programer, yaitu sebagai pembuat software atau program
- Sistem analis, yaitu yang menjembatani antara komputer, manusia, dan program
Dalam melakukan pengolahan data tersebut maka computer terdapat beberapa komponen yang mempunyai tugas sendiri – sendiri. Komponen tersebut yaitu komponen input, output, pemroses dan penyimpanan.
Komponen I / O digunakan untuk menerima input dan menghasilkan data sedangkan untuk memproses data agar menghasilkan informasi yang berguna dibutuhkan komponen utama yaitu CPU (Centra Prosessing Unit ). Disamping komponen tersebut terdapat komponen lain antara lain ROM (Read Only Memory), RAM ( Random Access Memory ) dan Hardisk.
Untuk memasukan data ke dalam komputer digunakan Input Device (alat masukan) diantaranya yaitu keyboard, mouse, scanner, microphone, dan lain – lain, sedangkan untuk menghasilkan informasi dibutuhkan Output Device (alat keluaran) diantaranya yaitu monitor, printer, dan speaker. Alat input output tersebut menyatu dengan komponen yang lain melalui I / O.
Komponen ROM yaitu jenis penyimpan program yang hanya dapat dibaca. ROM ini berisi program BIOS ( Basic Input Output Sistem ) yang dipergunakan untuk mendeteksi komponen – komponen perangkat keras pada saat komputer mulai dihidupkan. Program BIOS dibuat oleh vendor komputer dan tidak dapat diganti oleh pengguna.
RAM merupakan jenis memori yang isinya dapat diganti – ganti selama komputer hidup dan mempunyai sifat mengingat data atau program selama terdapat arus listrik. Pada saat kita menggunakan salah satu program aplikasi maka data akan disimpan sementara dalam memori ini selama komputer masih hidup. Jika komputer mati maka data atau program yang ada dimemori ini akan hilang.
Sedangkan komponen hardisk digunakan untuk menyimpan program atau data secara permanen. Pada hardisk inilah semua program seperti program system operasi dan program aplikasi disimpan. Dari semua komponen elektronik bekerja bersama – sama sehingga menghasilkan informasi yang berguna dan dapat dikenali oleh manusia.

Tidak ada komentar: