bisnis paling gratis

Friendster Glitter Graphics

Minggu, 22 Februari 2009

Registry Windows

Registry Windows merupakan satu set file yang berisikan database informasi dan dipake untuk membantu windows dalam melakukan pengontrolan perangkat keras, perangkat lunak, lingkungan pemakai dan interface. Registry juga dikembangkan sebagai suatu file referensi untuk asosiasi file data ke aplikasi.

Sebenarnya terdapat beberapa buah file yang digunakan untuk mengatur konfigurasi Windows seperti Win.ini, System.ini, Boot.ini dan sebagainya. Tetapi karena keterbatasan file-file tersebut dalam melakukan manipulasi, dibuatlah database dan terregistrasi secara OLE dan beberapa file INI untuk dapat melakukan pengaturan system secara lebih lengkap.

Terdapat lima pengelompokan registry seperti berikut :

  • Hkey_Classes_Root

Merupakan tempat penyimpanan asosiasi file dan tempat dimana Windows akan mencari folder khusus yang bertipe Classes sebagai kelas-kelas yang dipakai system operasi secara global.

  • Hkey_Current_User

Bagian ini merupakan penyimpanan setting personal untuk setiap user yang menggunakan komputer. Beberapa yang bisa dilakukan pada bagian ini misalnya untuk melakukan pengaturan menu, desktop, kualitas warna, wallpaper, taskbar dan sebagainya.

  • Hkey_Local_Machine

Bagian ini menyimpan setting global ( non user specific ) dari computer yang sedang digunakan. Setting ini berhubungan dengan perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat komunikasi. Contoh proses yang bisa dilakukan pada bagian ini misalnya pengaturan startup program, loading driver-driver hardware, remote connection, DNS client, manajemen memory dan sebagainya.

  • Hkey_Users

Bagian ini menyimpan setting spesifik atau pengaturan tertentu yang dilakukan oleh pemakai computer seperti misalnya layout desktop dan pengaturan program aplikasi. Jadi bagian ini menyimpan kunci induk yang terhubung dengan pengaturan yang dilakukan setiap user yang berbeda.

  • Hkey_Current_Config

Menyimpan informasi dari profil perangkat keras yang terpasang. Isinya sebenarnya sama dengan Hkey_Local_Machine/Config.

Tidak ada komentar: